Tangisan: Alat Eksploitasi Emosi -- Mengapa Kita Menangis?

Terkadang, orang menangis sebagai bentuk tanggapan langsung dari isi hatinya, namun banyak juga yang menangis sebagai suatu cara untuk memanipulasi emosi orang lain. Sementara kaum pria kadang-kadang saja melakukannya, kaum wanita lebih cenderung untuk menggunakan air mata sebagai cara untuk ‘memeras’ orang lain secara emosional. Kadangkadang mereka tidak menyadari apa yang sedang mereka lakukan itu. Mereka menangis sebagai respons atas suatu situasi, dengan pengetahuan bahwa hal tersebut akan membuat orang lain merasa tidak enak di dalam hatinya dan semoga dengan cara demikian dia dapat dimanipulasi. Ini  adalah sebuah mekanisme untuk mengontrol yang bisa dilakukan dengan sengaja atau muncul dari alam bawah sadar. Tujuannya adalah untuk memaksa orang lain suami, kekasih, anak, orangtua atau teman untuk melakukan suatu tindakan yang bila tidak dengan cara demikian mereka tidak mau melakukannya. Kaum wanita juga menangis sebagai upaya untuk memperlihatkan rasa penyesalan dan dengan demikian akan menerima hukuman yang lebih ringan atas perbuatan salahnya seperti melakukan perselingkuhan atau mengutil barang di toko. Bab ini akan membantu Anda mengindentifikasi orang-orang di dalam hidup Anda yang menggunakan taktik ini untuk memanipulasi atau menggertak sambal sehingga Anda mau melakukan apa yang mereka inginkan.

Mengapa Kita MenangisMenangis adalah suatu hal yang kita lakukan sebagaimana halnya hewanhewan lainnya dan dimulai pada waktu lahir, namun manusia adalah satusatunya penghuni daratan yang menangis dengan emosi. Air mata memiliki tiga fungsi bagi manusia: yaitu untuk membantu membersihkan permukaan mata; untuk mengeluarkan bahan-bahan kimia yang menekan dari tubuh; dan sebagai sebuah isyarat tekanan visual dalam sebuah perubahan situasi yang amat emosional.

Air mata dibentuk oleh sebuah kelenjar di atas mata dan dihilangkan oleh dua pembuluh di sudut bagian dalam mata yang kosong ke rongga hidung. Dalam suasana yang emosional dan menekan, kelebihan air mata yang tidak dapat dikeringkan dengan cepat oleh pembuluh akan mengalir ke pipi.

Tidak ada komentar

GENERASI GO-BLOG. Diberdayakan oleh Blogger.