Mengapa Kaum Wanita Jago Cerewet?

Sebagian besar wanita memiliki otak yang terorganisasi untuk berbicara dan memiliki kemampuan ceriwis yang lebih banyak daripada pria mana pun di planet ini. Ilustrasi berikut ini tercipta dari pemindaian otak 50 orang pria dan 50 orang wanita, yang memperlihatkan area-area otak yang aktif (berwarna hitam) yang digunakan untuk berbicara dan bahasa. Ini adalah citra grafis pria dan wanita yang sedang berbicara satu sama lain.

Area-area yang gelap menunjukkan fungsi berbicara dan berbahasa di otak. Anda dapat melihat dengan jelas wanita memiliki kapasitas berbicara yang jauh lebih besar daripada pria. Inilah yang menjelaskan mengapa, dari sudut pandang wanita, kaum pria tidak banyak berbicara dan, dari sudut pandang kaum pria, kaum wanita tidak pernah diam.
 
Otak wanita diorganisasikan untuk berfungsi multijalur, dia dapat main sulap dengan empat atau lima bola di udara pada waktu yang bersamaan. Dia dapat menjalankan program komputer sambil berbicara di telepon ditambah mendengarkan percakapan kedua yang berlangsung di belakangnya, diselingi minum kopi sepanjang waktu itu. Dia dapat berbicara tentang sekian banyak topik yang tidak berkaitan dalam satu percakapan dan menggunakan lima nada vokal untuk mengubah subyek dan memberikan tekanan pada poin-poin.

Kaum pria hanya dapat mengindentifikasi tiga saja dari nada-nada tadi. Hasilnya, pria sering kehilangan alur cerita tatkala sedang mendengarkan wanita berbicara. Pembicaraan multijalur bahkan dapat terjadi dalam sebuah kalimat tunggal.

Robert: “Martha datang nggak Natal nanti?”Sharon: “Martha bilang dia akan datang tergantung pada bagaimana pesanan karpetnya yang terlambat karena ekonomi dan Fiona mungkin tidak bisa datang karena Andrew harus bertemu dengan dokter spesialis dan Nathan kehilangan pekerjaannya juga sehingga dia harus mencari lagi dan Jodi tidak dapat meninggalkan pekerjaannya, atasannya begitu keras! sehingga Martha bilang bahwa dia bisa datang lebih awal dan kami dapat berbelanja pakaian untuk pernikahan Emma dan kupikir bila kita tempatkan dia dan Len di kamar tamu, kita dapat meminta Ray untuk datang lebih awal sehingga .....”Robert: “Apakah itu berarti ‘ya’ atau ‘tidak’?”Sharon: “Itu juga tergantung pada apakah bosnya Diana, Adrian, akan memberinya waktu untuk meninggalkan pekerjaan karena mobilnya tidak bisa jalan dan dia harus .....” dll., dll.....

Robert berpikir bahwa dia menanyakan sebuah pertanyaan yang sederhana dan dia akan senang dengan sebuah jawaban yang sederhana seperti “ya” atau “tidak.” Namun, dia mendapatkan jawaban multijalur yang melibatkan sembilan topik yang berbeda dan sebelas orang. Dia merasa frustrasi dan pergi keluar untuk menyiram kebun.

Otak pria diorganisasikan untuk jalur tunggal. Mereka hanya dapat berkonsentrasi pada satu hal pada satu waktu. Tatkala seorang pria membuka peta, dia mematikan radio. Bila wanita mengajaknya berbicara ketika dia sedang memutar mobil, dia akan kehilangan jalan keluar dan kemudian menyalahkan pihak wanita karena tadi dia mengajaknya berbicara. Tatkala telepon berdering dia meminta setiap orang untuk diam sehingga dia dapat menjawabnya. Bagi beberapa pria, bahkan yang berada pada posisi yang paling penting, sampaisampai terbukti kesulitan untuk berjalan dan mengunyah permen karet dalam waktu yang bersamaan.

Salah satu masalah besar bagi kaum pria adalah tatkala multijalur terjadi pada waktu mendengar omelan. Dia merasa sumpek sehingga lebih memilih diam saja. Hal ini terus berjalan memulai sebuah lingkaran setan di mana pihak yang mengomel makin meninggikan nada suara dan tuduhan-tuduhan atau klaim-klaimnya, sementara pihak yang diomeli makin menjauh di balik penghalangnya dan seringkali sampai pada titik mengambil jarak fisik antara dirinya dengan pihak yang mengomel. Tidaklah selalu mungkin untuk mendiamkan terus babak ini dan tekanan pun akan tersusun sampai pada titik di mana pihak yang diomeli akan menyerang balik, menghasilkan pertengkaran sengit. Kadang-kadang bahkan dapat berujung pada kekerasan fisik
 

 

Tidak ada komentar

GENERASI GO-BLOG. Diberdayakan oleh Blogger.