Cara Mencegah Menangis Saat Mengiris Bawang



Apa bahan perangsang iritasi yang menyebabkan mata berair sewaktu mengiris bawang? Adakah cara untuk mencegahnya?


Bawang merah dan bawang putih sama-sama mengandung turunan-turunan asam amino yang mengandung belerang. Ketika sebutir bawang diiris, salah satu senyawa ini, S-1-propenilsistein-sulfoksida, diuraikan oleh sebuah enzim menjadi propantial S-oksida yang mudah menguap. Bahan inilah yang merangsang iritasi, juga disebut lakrimator. Ketika kontak dengan air— dalam hal ini mata Anda— agen iritasi tersebut terhidrolisis menjadi propanol, asam belerang dan hidrogen sulfida. Menangis adalah upaya mata untuk mengencerkan asam tersebut. Bagaimanapun, senyawa belerang yang sama inilah yang menimbulkan aroma segar ketika bawang dimasak. Guna mencegah mata berair, saya menganjurkan salah satu yang berikut: berhenti menggunakan bawang (namun Anda akan kehilangan aroma lezatnya); mengenakan kacamata renang (Anda akan kelihatan konyol); mengiris bawang di bawah permukaan air (Anda akan kehilangan sebagian aromanya); sebelum mengiris bawang, cuci dan usahakan tetap basah.
Bernd Eggen
Exeter, Devon, Inggris

Guna mengurangi tingkat keparahan mata berair Anda harus mengusahakan agar agen iritasi sempat menyebar dan menipis (terdispersi) sebelum bersentuhan dengan mata. Yang paling masuk akal adalah berdiri sejauh mungkin dari bawang yang sedang diiris. Berbahagialah orang yang bertangan panjang. Lebih baik lagi jika Anda tidak berdiri tepat di atas bawah, tetapi agak ke belakang. Sebuah cara lain untuk mengurangi jumlah agen iritasi yang mencapai mata adalah bernapas melalui mulut. Ini mengandung arti bahwa alih-alih menciptakan arus udara yang mengarah ke atas, ke hidung dan terus ke mata Anda, sambil membawa gas perangsang iritasi, udara diisap langsung ke dalam paru-paru ketika Anda mengirup atau dipaksa menjauhi wajah sewaktu Anda melepaskannya. Guna memastikan bahwa Anda bernapas melalui mulut, gigit sebuah sendok pada gigi depan. Sejumlah celah yang dapat dilewati oleh udara terbentuk, dan sewaktu mulut terbuka kita cenderung lebih banyak bernapas melalui mulut daripada melalui hidung. Saya menemukan bahwa menggingit sendok yang mengarah ke bawah memberikan hasil paling baik, walaupun saya tidak mengetahui alasan ilmiah yang mendasarinya.
C. Burke
Farnham, Surrey, Inggris

Saya telah menemukan bahwa penggunaan lensa kontak mencegah iritasi mata sewaktu mengiris bawang.
Elaine Duffin
Keighley, West Yorkshire, Inggris

Sebaiknya Anda menempelkan sekerat jeruk lemon di bawah bibir atas sementara Anda mengiris. Anda memang menjadi kurang menarik tetapi cara ini berhasil mencegah Anda menangis.
Sheila Russell
Staines, Middlasex, Inggris

Saya menganjurkan sebuah tip lama yakni menggigit sebuah kubus gula dengan gigi depan untuk menyerap bahan pemicu iritasi. Cara ini sungguh berhasil, begitu pula ketika saya menggigit sebatang korek api, walaupun jarang sekali orang menerapkannya sekarang.
Michel Thuariaux
Geneva, Swiss


Gigit sepotong roti—misalnya seperempat kerat—di antara bibir Anda sewaktu mengiris bawang. Ini dahulu diajarkan kepada keluarga saya di Tanzania sekitar awal 1960-an oleh juru masak kami, Victor Mapunda, dari Malawi.
John Nurwick
London, Inggris

Tidak ada komentar

GENERASI GO-BLOG. Diberdayakan oleh Blogger.