Orang Cerdas, Tidur Larut Malam


Seringkali terjaga hingga larut malam? Itu bisa jadi pertanda kecerdasan. Ilmuwan Inggris menemukan kaitan antara orang yang menikmati gaya hidup nokturnal dengan kecerdasan mereka.
Studi yang diberi judul Why Nights Owl are More Intelligent itu menemukan mereka yang terjaga hingga larut cenderung lebih cerdas dibandingkan yang pergi tidur lebih cepat. Mereka pun menemukan anak yang tidur lebih larut cenderung berkembang menjadi orang dewasa cerdas.
Hasil penelitian itu didasarkan pada konsep bahwa orang yang cerdas cenderung mengadopsi nilai-nilai evolusioner, seperti tidur lebih larut.
Nenek moyang kita secara tradisional pergi tidur dan bangun pagi. Mengubah pola tidur menunjukkan kita mampu mengadaptasinya menjadi kehidupan moderen.
Tetapi, itu bukan satu-satunya manfaat dari tidur larut. Studi lain membuktikan pula selain memiliki kecerdasan lebih tinggi, burung hantu pun cenderung lebih makmur.
Para ahli dari University of Madrid melakukan tes pada 1.000 orang remaja dan menemukan mereka yang memilih tidur lebih larut menunjukkan sejenis kecerdasan yang berhubungan dengan pekerjaan bergengsi dan pendapatan lebih tinggi.
Namun bukan berarti bangun pagi tidak ada manfaatnya. "Orang pagi" sering menunjukkan hasil ujian lebih baik. Mungkin karena pelajaran ditangkap pada waktu yang salah di kalangan "orang malam".

Sumber: Kompas.com

Tidak ada komentar

GENERASI GO-BLOG. Diberdayakan oleh Blogger.