2 Penilaian Penting dalam Pertemuan Pertama

Dalam pertemuan pertama dengan sesamanya, manusia akan melakukan dua penilaian dalam hitungan detik. Apa saja itu?
Profesor Harvard Business School, Amy Cuddy, telah mempelajari tentang kesan pertama bersama rekan psikolog Susan Fiske dan Peter Glick selama lebih dari 15 tahun. Melalui studinya, mereka menemukan pola dalam interaksi tersebut.
Dalam buku terbarunya, Presence, Cuddy mengatakan, ada dua pertanyaan yang muncul di benak seseorang ketika mereka pertama kali bertemu dengan orang lain, yakni "Dapatkah aku mempercayai orang ini?" dan "Dapatkah aku menghargai orang ini?".
Psikolog telah menyebut dimensi tersebut masing-masing sebagai keramahan dan kompetensi, dan idealnya seseorang ingin dianggap memiliki kedua hal itu.
Menariknya, Cuddy mengatakan bahwa kebanyakan orang, terutama dalam konteks profesional, meyakini kompetensi adalah faktor yang lebih penting.
Namun pada faktanya, keramahan atau sifat dapat dipercaya, merupakan faktor terpenting dalam cara orang lain mengevaluasi seseorang.
"Dari perspektif evolusi, lebih penting bagi kelangsungan hidup kita untuk mengetahui apakah seseorang layak untuk mendapatkan kepercayaan kita," ujar Cuddy seperti dikutip dari Business Insider, Minggu (27/11/2016).
Sementara kompetisi menjadi hal yang sangat dihargai, Cuddy mengatakan bahwa hal tersebut dievaluasi setelah kepercayaan dibangun. Menurutnya, terlalu berfokus untuk menampilkan kekuatan dapat menjadi bumerang.
Cuddy menyebut bahwa mahasiswa magang terlalu khawatir untuk dipandang sebagai seseorang yang cerdas dan kompeten, namun hal itu membuat mereka melewati kegiatan sosial, tidak pernah meminta bantuan, dan umumnya menjadi seseorang yang tidak mudah didekati.
"Jika seseorang yang coba Anda pengaruhi tidak memercayai Anda, Anda tidak memiliki pengaruh besar; pada kenyataannya, Anda bahkan mungkin menimbulkan kecurigaan karena Anda terlihat manipulatif," ujar Cuddy.

Sumber: Liputan6.com

Tidak ada komentar

GENERASI GO-BLOG. Diberdayakan oleh Blogger.