Mengapa Wanita Daya Ingatnya Tinggi


Erik Everhart, asisten profesor psikologi di Universitas East Carolina, dan teman-temannya dari State University of New York di Buffalo menemukan bahwa anak laki-laki dan anak perempuan, berumur delapan sampai sebelas tahun, menggunakan bagian-bagian yang berbeda dari otak mereka untuk mengenali wajah dan ekspresi.
Anak laki-laki lebih banyak menggunakan otak kanan mereka sedangkan anak perempuan lebih banyak menggunakan otak kiri mereka. Para peneliti ini mendapati bahwa perbedaan ini membantu anak-anak perempuan mendeteksi perubahan-perubahan halus padaekspresi wajah, membuat mereka jadi lebih baik dalam mengindera perasaan hati orang. Membaca mulut atau mata seseorang membutuhkan kemampuan melakukan diskriminasi yang halus dibandingkan menilai emosi di seluruh wajah. Wanita sangat ahli dalam mengingat-ingat kebohongan yang pernah mereka katakan dan kepada siapa mereka mengatakannya sedangkan pria biasanya lupa pada kebohongan-kebohongan mereka sendiri. Hippocampus – bagian otak manusia yang digunakan untuk menyimpan bahasa, memori, dan memanggilnya kembali – diisi dengan receptor estrogen, dan tumbuh lebih cepat di dalam diri anak-anak perempuan dibandingkan anak laki-laki, memberikan keunggulan memori yang lebih tinggi pada wanita untuk mengingat kembali isu-isu yang bersifat emosional.

Nasihat Kepada Pria
Jangan buang waktu Anda dengan berkata bohong kepada seorang wanita secara langsung di depannya. Itu jauh lebih sulit. Telponlah dia atau kirimi e-mail. Wanita bukan hanya memiliki kemampuan yang lebih unggul untuk menguak kebohongan, tapi mereka juga memiliki kemampuan untuk mengingat-ingatnya sebagai amunisi pada pertengkaran-pertengkaran di masa depan.

Tidak ada komentar

GENERASI GO-BLOG. Diberdayakan oleh Blogger.