Pola Hidup Sehat Tingkatkan Kepercayaan Diri Remaja


Gaya hidup sehat lebih dari sekedar memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Bagi remaja, gaya hidup sehat sekaligus menjaga kebersihan diri dapat meningkatkan kepercayaan diri, hingga akhirnya mendapat nilai diri yang baik.
Psikolog Remaja, Elizabeth Santosa mengatakan, gaya hidup sehat dan menjaga kebersihan dapat memengaruhi penampilan seseorang. Remaja sering kali merasa dirinya diperhatikan oleh orang lain. Memiliki penampilan menarik adalah salah satu faktor yang membuat kepercayaan diri remaja jadi meningkat.
"Kepercayaan diri bisa didapat dari kebersihan diri," ujar psikolog yang akrab disapa Lizzie itu dalam diskusi Program Remaja Berani Hidup Sehat oleh Unilever di Jakarta, Kamis (15/12/2016).
Jika tidak memiliki kepercayaan diri, remaja rentan mengalami stres. Misalnya, ketika memiliki wajah berjerawat atau bau badan di sekolah, mereka akan merasa malu dan tidak percaya diri menjalani aktivitas di sekolah. Kehidupan sosial mereka pun bisa terganggu karena kurang percaya diri.
Contoh lainnya, remaja yang tidak percaya diri karena merasa tubuhnya gemuk, dapat mengalami gangguan makan.
Lizzie mengungkapkan remaja mudah tidak percaya diri, karena perubahan hormonal memengaruhi kondisi psikologis dan fisiknya. Saat memasuki masa remaja mereka perlu bimbingan yang benar agar menjadi pribadi yang berkualitas.
Kepercayaan diri pun harus seimbang, jangan sampai berlebihan yang justru bisa membuat remaja merasa tidak memerlukan orang lain.
Dengan gaya hidup sehat dan menjaga kebersihan, mereka bisa memiliki kepercayaan diri yang baik.
Gaya hidup sehat pada remaja sendiri bisa meliputi pola makan sehat agar tidak mudah sakit dan obesitas, tidak merokok, rajin olahraga, hingga memahami soal kesehatan reproduksi.
Berawal dari kepercayaan diri tersebut, remaja bisa bersosialisasi dengan baik, mengikuti kegiatan yang positif, dan menjadi pribadi yang positif pula.

Sumber: Kompas.com

Tidak ada komentar

GENERASI GO-BLOG. Diberdayakan oleh Blogger.