Pendataan Kepribadian Enneagram




Jawablah Ya atau Tidak pernyataan di bawah ini sesuai dengan kepribadian Anda ketika (atau jika sekarang usia Anda 25 tahun). Dari ke sembilan tipe kepribadian, carilah jawaban Anda pada kelompok tipe yang paling banyak jawaban Ya, maka itulah tipe kepribadian Anda.

1. TIPE PERFEKSIONIS
1. Saya suka keteraturan dan kerapian
2. Saya sulit bertindak dengan spontan
3. Saya sering merasa bersalah jika tidak banyak pekerjaan yang dapat Saya selesaikan
4. Saya tidak suka melihat orang melanggar aturan
5. Tata bahasa dan pengucapan yang keliru sangat menganggu Saya
6. Saya idealis. Saya ingin menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik
7. Saya hampir selalu tepat waktu
8. Saya memendam kekesalan dalam waktu lama
9. Saya menganggap diri Saya sendiri praktis, logis dan realistis
10. Jika iri, Saya menakutkandan tidak mau kalah (kompetitif)
11. Saya merasa tidak punya cukup waktu untuk bersantai atau merasa seharusnya tidak bersantai
12. Saya cendrung memandang segala sesuatu sebagai benar atau salah, baik atau buruk
13. Saya menimbang-nimbang apa yang sangat Saya butuhkan sebelum membelinya
14. Saya sangat takut dikritik atau dinilai oleh orang lain
15. Saya sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain
16. Kebenaran dan keadilan sangat penting bagi Saya
17. Saya sering merasa waktu cepat berlalu padahal masih banyak yang harus Saya lakukan
18. Saya hampir selalu melakukan apa yang Saya katakan akan Saya lakukan
19. Saya nyaris selalu merasa nyaman.
20. Saya suka membuat setipa detail menjadi sempurna

2. TIPE PENOLONG
1. Saya ingin orang lain merasa leluasa untuk meminta bantuan dan nasihat Saya
2. Jalinan hubungan lebih penting bagi Saya ketimbang hapir segalanya
3. Kadang Saya merasa terlalu dibebani dengan ketergantungan orang pada Saya
4. Saya sulit meminta apa yang Saya butuhkan
5. Saya menuntut, meski terkadang takut keakraban
6. Saya merasa lebih nyaman memberi ketimbang menerima
7. Saya sangat sensitif terhadap kritik
8. Saya berusaha keras mengatasi segala hambatan dalam pergaulan
9. Saya berusaha untuk peka dan bijak sebisa mungkin
10. Saat sendirian, Saya tahu apa yang Saya inginkan; ketika bersama orang lain, Saya tidak yakin
11. Sangat penting bagi Saya bahwa orang lain merasa nyaman dan diterima di rumah Saya
12. Saya tidak ingin menunjukkan ketergantungan Saya
13. Saya tidak tahan melihat kekerasan dan penderitaan orang di televisi
14. Terkadang Saya merasa begitu kesepian
15. Jika Saya tidak mendapatkan keakraban yang Saya butuhkan, Saya merasa sedih, sakit hati, dan tidak berharga
16. Terkadang Saya menjadi sakit secara fisik dan emosional karena sibuk mengurus orang lain
17. Saya sering membayangkan apa yang disukai seseorang pada orang lain, lalu bersikap seperti itu
18. Saya senang memberi pujian dan mengatakan pada orang bahwa mereka istimewa bagi Saya
19. Saya ingin bersama orang yang penting atau hebat
20. Orang mengatakan bahwa Saya terlalu melebih-lebihkan dan terlalu emosional

3. TIPE PENGEJAR PRESTASI
1. Saya hampir selalu sibuk
2. Saya suka membuat daftar yang harus Saya lakukan, grafik kemajuan, dan agenda untuk diri Saya sendiri
3. Saya tidak keberatan bekerja lembur
4. Saya memiliki sikap optimis
5. Saya mengerahkan seluruh tenaga hingga pekerjaan selesai
6. Saya bekerja sebijaksana mungkin agar tidak melenceng dari tujuan
7. Adalah penting untuk meningkatkan kemampuan diri dan berkiprah sesuai potensi
8. Saya tidak tertarik untuk mengumbar kehidupan pribadi Saya
9. Saya berusaha tidak membiarkan sakit menghalangi Saya untuk melakukan sesuatu
10. Saya tidak suka melihat pekerjaan yang tak terselesaikan
11. Saya cenderung memprioritaskan kerja di atas segalanya
12. Saya heran melihat orang yang merasa bosan, Saya tidak pernah kehabisan pekerjaan yang bisa Saya lakukan
13. Terkadang Saya sulit terhubung dengan perasaan Saya sendiri
14. Saya bekerja keras untuk menjaga dan menafkahi keluarga
15. Saya senang disejajarkan dengan kelompok yang kompeten atau orang penting
16. Saya berusaha membawa diri dengan baik memberi kesan pertama yang baik
17. Jaminan keuangan sangat penting bagi Saya
18. Secara umum Saya merasa cukup puas dengan diri sendiri
19. Orang yang sering mendatangi Saya untuk menjalani usaha
20. Saya senang bertahan dengan cara apapun

4. TIPE ROMANTIS
1. Dipahami orang lain sangat penting buat Saya
2. Teman-teman Saya berkata bahwa mereka senang dengan kehangatan dan cara pandang Saya yang berbeda terhadap kehidupan
3. Saya bisa tidak melakukan apa-apa selama berjam-jam, berhari-hari atau berminggu-minggu jika Saya depresi
4. Saya sangat peka terhadap sindiran dan bisa sakit hati karena hal yang remeh
5. Peristiwa menyebalkan yang dimuat di surat kabar sangat memengaruhi Saya
6. Gagasan ideal saya sangat penting buat Saya
7. Saya mudah menangis. Keindahan, kesedihan dan penderitaan sangat menyentuh perasaan Saya
8. Perasaan melankolis Saya begitu nyata dan penting. Saya tidak merasa harus menghilangkannya
9. Saya sering mendambakan apa yang orang lain miliki
10. Saya berusaha mendukung teman-teman Saya, khususnya ketika mereka dalam krisis
11. Saya lebih dibayangi masa lalu dan masa yang akan datang, ketimbang kenyataan sekarng ini
12. Saya menitikberatkan kata hati
13. Suatu waktu, Saya mencoba menguasai oprang
14. Saya benci sikap yang tidak tulus dan tidak total
15. Bertahun-tahun Saya merindukan hadirnya cinta sejati dalam hidup Saya
16. Saya lebih memusatkan perhatian pada apa yang salah dalam diri Saya ketimbang yang benar
17. Saya senang dianggap berbeda dari yang lain
18. Saya selalu mencari diri Saya yang sejati
19. Kadangkala Saya merasa sangat tidak nyaman dan berbeda, seperti orang asing, dan bahkan saat bersama dengan teman-teman Saya sendiri
20. Jika orang lain mengatakan apa yang harus Saya lakukan, sering kali Saya justru membangkan dan melakukan, atau berharap dapat melakukan yang sebaliknya.

5. TIPE PENGAMAT
1. Saya belajar dengan mengamati dan membaca, bukan dengan melakukan
2. Sulit bagi Saya untuk menunjukkan perasaan Saya pada saat itu juga
3. Saya tenggelam dalam minat Saya sendiri dan berkutat dengannya selama berjam-jam
4. Biasanya Saya mengalami perasaan yang lebih mendalam ketika sendirian
5. Terkadang Saya merasa bersalah karena tidak terlalu murah hati
6. Saya berusaha menutupi sensititifitas Saya dengan kritik dan penilaian
7. Orang yang kasar dan berisik mengganggu Saya
8. Menegaskan sesuatu adalah pekerjaan yang tidak Saya sukai
9. Saya suka berteman dengan orang yang ahli di bidang yang Saya geluti
10. Saya senang mendaptkan fgelar (doktor, profesor, sarjana) yang bisa dibanggakan
11. Saya dituduh bertentangan dengan orang lain, sinis, dan penuh kecurigaan
12. Saat merasa tidak nyaman di tengah orang banyak, Saya sering berarap bisa lenyap ditelan bumi
13. Saya enggan menjadi orang yang asertif atau gresif
14. Saya membenci nyaris seluruh acara sosial. Saya lebih memilih
15. sendirian atau bersama beberapa orang yang Saya kenal baik
16. Terkadang Saya merasa malu atau canggung
17. Saya merasa lelah jika terlalu lama bersama orang-orang
18. Saya merasa berbeda dari kebanyakan orang
19. Saya merasa tidak terlihat. Mengherankan, jika seseorang tahu sesuatu tentang Saya
20. Saya tidak mengejar materi untuk merasa bahagia. Bersikap tenang adalah senjata Saya. Itu membuat Saya lebih kuat

6. TIPE PENCEMAS
1. Saya gugup berada di dekat orang-orang yang dominan
2, Saya sering dihantui keraguan
3. Saya senang jika memiliki panduan yang jelas dan tahu dimana posisi Saya
4, Saya selalu merasa seolah-olah bahaya akan datng
5. Saya memandang sesuatu dengan sangat serius
6. Saya tak henti-hentunya pada diri sendiri mengenai apa yang bisa jadi masalah
7. Saya sering merasakan kritik sebagai suatu serangan
8. Saya sering terobsesi akan apa yang dipikirkan mitra Saya
9. Saya bisa menjadi seseorang pekerja yang sangat giat
10. Teman-teman menilai Saya setia, mendukung, dan berbelaskasihan
11. Orang-orang mengatakan bahwa selera humor Saya bagus
12. Saya mengikuti peraturan dengan saklek (karakter fobia); atau Saya sering melanggar aturan (karakter kontra fobia)
13. Semakin rapuh posisi Saya dalam hubungan erat, Saya semakin gelisah dan mudah jengkel
14. Saya cenderung menunda-nuda ataupun menceburkan diri sekaligus, bahkan dalam situasi berbahaya
15. Saya sangat waspada akan orang-orang yang berusaha menipu dengan bermanis-manis pada Saya
16. Saya suka sesuatu yang dapat diperkirakan
17. Saya menyabotase kesuksesan Saya sendiri
18. Saya biusa mendukung orang dalam keadaan susah dan senang
19. Kerapian dan keteraturan membuat Saya merasa memiliki kendali yang lebih besar terhadap kehidupan Saya
20. Saya tidak suka alasan orang yang dibuat-buat

7. TIPE PETUALANG
1. Saya menikmati hidup. Biasanya Saya optimis dan tidak sungkan
2. Saya tidak suka dibuat merasa memiliki kewajiban atau beban
3. Saya selalu sibuk dan enerjik. Saya jarang merasa bosan jika dibiarkan melakuka yang Saya inginkan
4. Saya sering mengambil risiko yang nyata ataupun tidak
5. Saya biasanya memilih teman periang yang memiliki tujuan sama
6. Saya tidak menguasai sesuatu bidang pun, tetapi Saya bisa melakukan banyak hal dengan baik
 7. Ciri Saya adalah terus bergerak dari suatu tugas ke tugas berikutnya, Saya senang menjadi orang yang aktif
8. Sepertinya Saya lebih cepat melepaskan kemurungan dan memulihkan diri dari suatu musibah dibandingkan kebanyakan orang yang Saya kenal
9. Saya senang pada diri sendiri dan Saya berlaku baik pada diri sendiri
10. Saya senang orang lain dan mereka biasanya menyenangi Saya
11. Saya biasanya berusaha untuk memperoleh yang Saya inginkan
12. Saya menghargai kecepatan berpikir
13. Saya orang yang idealis. Saya ingin berkontribusi pada dunia
14. Saya terombang ambing antara perasaan berkomitmen dengan keinginan untuk merdeka dan mandiri
15. Saya biasanya merasa nyaman di antara sekelompok orang
16. Jika orang lain tidak bahagia, Saya biasanya mencoba membuat mereka ceria dan memandang sisi positifnya
17. Saya suka kehebohan dan bepergian
18. Kadang Saya merasa rendah diri dan kadang Saya merasa lebih dari orang lain
19. Biasanya Saya mengucapkan apa yang ada dalam benak Saya. Kadang ini menimbulkan masalah bagi Saya
20. Saya bisa berkorban banyak demi membantu orang lain

8. TIPE PEJUANG
1. Saya bisa menjadi orang yang gigih dan agresif jika Saya mau
2. Saya tidak akan berdiam diri jika ditipu
3. Saya menghargai sifat terus ternag dan jujur: Saya sendiri selalu terbuka
4. Saya seorang individualis dan tidak tunduk pada orang lain
5. Saya menghormati orang yang berjuang membela dirinya sendiri
6. Saya berusaha sekuat tenaga untuk melindungi orang-orang yang Saya sayangi
7. Saya memperjuangkan kebenaran
8. Saya membantu merek yang lemah
9. Mengambil keputusan bukan perkara sulit bagi Saya
10. Mengandalkan diri sendiri dan mandiri, penting bagi Saya
11. Saya terlalu menurutkan keinginan akan makanan atau obat-obatan terlarang
12. Sebagian orang mencela ketidaksensitifan Saya. Jika Saya masuk ke dalam suatu kelompok,
13. Saya segera tahu siapa yang memegang kendali
14. Saya pekerja keras dan tahu bagaimana menyelesaikan pekrjaan
15. Jika berada dalam sekelompok orang, kadang Saya bertindak sebagai pengamat ketimbang aktif berpartisipasi
16. Saya suka kehebihan dan kejutan
17. Saya suka bersilat lidah, khususnya jika Saya merasa nyaman
18. Saya begitu rapuh dan mengasihi jika Saya benar-benar mempercayai seseorang
19. Orang yang bermulut manis atau senang memuji-muji menganggu Saya
10. Bermuka dua menjijikkan bagi Saya

9. TIPE PENDAMAI
1. Saya sering merasa menyatu dengan alam dan orang
2. Memilih bisa menjadi perkara sulit. Saya bisa melihat keuntungan dan kerugian dari tiap pilihan
3. Kadang sulit bagi Saya untuk tahu apa yang Saya inginkan ketika bersama orang lain
4. Dari luar Saya terlihat tenang, tetapi di dalam Saya sering merasa gelisah
5. Alih-alih menyelesaikan apa yang benar-benar Saya butuhkan, kadang Saya malah melakukan hal-hal yang remeh dan tidak penting
6. Saat ada kejadian tak menyenangkan di sekitar Saya, Saya hanya mencoba sejenak memikirkan hal lain
7. Saya biasanya cenderung menghindari pertententangan ketimbang melawannya
8. Jika tidak ada rutinitas dan keteraturan, Saya hampir tidak bisa menyelesaikan apapun
9. Saya cenderung menunda pekerjaan hingga menit terakhir, tetapi Saya hampir selalu dapat menyelesaikannya
10. Saya senang ketenangan dan ketidakketergesa-gesaan, tetapi kadang Saya terlelu mengulur-ulur waktu
 11. Jika orang berusaha memberi tahu apa yang harus Saya lakukan atau mencoba menguasai Saya, Saya menjadi keras kepala
12. Saya senang merasa pasti bahwa ada waktu dalam sehari untuk bersantai
13. Kadang Saya malu dan merasa tidak yakin akan diri sendiri
14. Saya senang sekadar berkumpul dengan pasangan atau teman-teman Saya
15. Hubungan yang mendukung dan harmonis sangat penting bagi Saya
16. Saya sangat sensitif terhadap penilaian orang dan memasukkan kritik ke dalam hati
17. Saya senang mendengarkan dan memberi dukungan pada orang lain
18. Saya lebih memfokuskan pada hala positif ketimbang negatif
19. Saya kesulitan mengusir masalah dari benak Saya. Saya bekerja mengikuti prinsip kelembaman: jika
20. sudah mulai, mudah untuk meneruskannnya, tetapi kadang Saya sulit memulai





Tidak ada komentar

GENERASI GO-BLOG. Diberdayakan oleh Blogger.