Desa Global


Tantangan sekaligus peluang terbuka sangat lebar bagi generasi muda saat ini. Belum ada dalam sejarah betapa manusia mengalami percepatan dalam berbagai bidang sehingga konvergensi diantara beberapa bidang ilmu sekaligus perpaduan perangkat keras begitu membanjiri pasar. Sekarang masanya kita melihat variasi ilmu-ilmu baru yang hanya cocok untuk millenium ketiga. Walaupun ilmu-ilmu lama tetap dipakai, banyak diantaranya harus dimodifikasi ulang atau diubahsuaikan dengan kondisi di abad 21 ini. Contohnya marketing online. Walaupun dasarnya adalah marketing biasa, banyak komponen didalamnya dimodifikasi dan ditambah karena spesifik media internet berbeda dengan pasar biasa. Sehingga dengan penyesuain ini akhirnya timbul dan berdiri sendiri ilmu marketing online. Masih soal marketing online, sampai kini ilmu tersebut masih berkembang tanpa henti karena teknologi internet sangat dinamis. Jadi bisa dikatakan ilmu marketing online tidak seperti ilmu marketing biasa yang lebih lambat berubah karena kondisi pasarnya demikian. Tren web 1.0 atau web 2.0 misalnya adalah model versi dari teknologi yang mempengaruhi marketing online.

Kenapa contoh kasus adalah marketing online? Ilmu ini selain berasal dari ilmu marketing biasa, ternyata dalam perjalanannya sangat berubah dan bergerak ke segala arah. Unsur kreativitas sangat besar didalamnya. Pelanggan internet yang besar dan beragam serta dinamis, membuat seorang marketing online harus mampu menggali kreativitasnya sampai taraf ekstrim.

Marketing online sangat dinamis, seorang pemasar internet tidak bisa hanya bermodalkan sebuah website lalu mendapatkan laba karena banyak pengunjung yang datang. Tidak seperti itu sama sekali. Sekarang sudah jutaan website ada di internet, namun yang berhasil secara ekonomis dan bisnis sangat sedikit. Gambaran internet sebagai tempat yang bebas pun tidak selalu seperti itu yang dirasakan oleh semua orang. Anda mendapatkan informasi dengan gratis melalui bantuan search engine (mesin pencari) seperti Google atau Yahoo. Tapi yang anda dapatkan juga banyak yang jenis sampah.

Dibutuhkan keahlian dan kreativitas yang unik agar website anda bisa dikunjungi orang, tentunya orang yang mau berbisnis dengan anda bukan?

Internet sudah mengubah cara dunia berkomunikasi dan berinteraksi. Disini kita tidak hanya melihat konektivitas antar manusia, tetapi lebih kepada kreativitas secara kolektif. Bayangkan saja, sekarang anda bisa memberikan ide anda dalam  bentuk blog, milis atau jenis media online lainnya, dan segera saja
banyak yang membaca, mengomentari dan memberikan umpan balik. Sebuah bentuk brainstorming yang hebat.
 
Keterbatasan jarak dan waktu tidak menjadi masalah lagi. Anda hanya mencari tempat yang sesuai untuk menempatkan ide, masalah dan berbagai hal yang ingin anda diskusikan di internet. Anda bisa mencari pengalaman orang lain, membaca pesan dan kesan dari orang yang mengalami masalah, bahkan melihat rekaman video atau audio tentang hal itu. Nyaris semuanya ada di internet. Hal ini bisa dimanfaatkan dan menjadi potensi kreatif yang sangat luar biasa.

Pernahkan anda bayangkan untuk berdiskusi dengan banyak orang tentang hobby anda yang unik? Dulu sulit untuk mewujudkan komunitas offline seperti itu. Dalam satu kota sudah beruntung kalau anda punya komunitas dengan jumlah puluhan orang. Tetapi dengan media internet? Anda bahkan bisa bergabung dengan jutaan orang sekalipun. Contohnya adalah forum Kaskus di Indonesia. Forum jual belinya yang terkenal sangat menjanjikan peluang untuk pebisnis pemula maupun yang mapan untuk beraksi. Sepanjang anda punya kreativitas, anda bisa menjual nyaris apapun di forum itu.

Apa arti semua pembahasan itu? Anda hidup di era global? Bukan itu saja, anda hidup di era kreatif. Jadi jika anda tidak ikut kreatif maka anda akan punah dalam arti kata tertinggal dan akan mengalami banyak perlambatan. Inilah era dimana seorang individu dengan kreativitasnya mampu bersaing dengan kekuatan yang jauh diatasnya. Memang tidak semudah yang dikatakan, tapi saat ini sangat memungkinkan. Kalau dahulu sebuah UKM sulit mengembangkan usaha, kini dengan media
online, persentase keberhasilan itu naik drastis dibanding tanpa media internet.

Jadi, apakah anda sudah menggunakan internet untuk kreativitas anda? Atau anda hanya menggunakan untukbrowsing dan email saja? Dapatkan berbagai ide menarik, berbagai topik yang bisa anda kembangkan sebagai materi kreatif anda. Ingatkah anda di bab awal yang mengatakan bahwa manusia berkembang dengan meniru? Dengan internet anda bisa meniru banyak hal. Dan tentunya hal ini akan memicu anda juga untuk berkreasi yang orisinil. Dengan meniru anda membuka keyakinan, dengan keyakinan anda membuka pintu penemuan. Seperti itu yang diharapkan.

Bila anda ingin menguji apakah ide anda orisinil atau tidak. Anda bisa menggunakan internet. Namun jangan kecewa kalau ide anda ternyata sudah dibuat oleh orang lain. Bersenanglah, berarti ide anda bukan ide bodoh. Anda dapat mengetahui pengalaman orang tersebut bahkan bisa berdiskusi dengannya. Akibatnya? Anda bisa menyempurnakan ide anda sendiri bukan?

Apa yang dijual di internet? Itu adalah salah satu pertanyaan penting. Jangan terkecoh dengan produk dan layanannya saja, lihat konsepnya. Internet menjual banyak konsep yang unik dan akhirnya terbukti menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Jadi sebuah konsep yang anda ciptakan bisa jadi
menjadi tambang emas anda. Mengapa anda tidak mempelajari internet sekarang?

Amazon dimulai dengan keinginan pemiliknya untuk menyediakan toko buku online, kini produknya nyaris bervariasi
untuk segala jenis. Alibaba, sebuah portal bisnis dan perdagangan dari Cina, diawal pembuatannya tidak banyak yang diharapkan pemiliknya. Konsepnya sederhana saja, sebagai tempat berdagang produk buatan Cina. Sekarang? Puluhan negara berdagang didalamnya.

Kalau contoh itu tidak terlalu unik karena dimodifikasi dari bisnis offline. Lihatlah Facebook yang merupakan jejaring sosial. Sebelumnya sudah ada beberapa jejaring sosial, hanya saja Facebook adalah konsep yang lebih sempurna dan momennya tepat sehingga jumlah penggunanya meroket dan kini sudah mencapai 500 juta orang. Semua ini dimulai dari aplikasi sederhana dari kampus oleh seorang mahasiswa.

Betapa masa sekarang begitu berpeluang untuk anda! Mengapa anda tidak menggapai impian anda dengan menelurkan ide-ide kreatif. Umur tidak menjadi masalah. Jangan gunakan hal itu menjadi alasan hanya karena rata-rata jutawan internet sekarang ini berasal dari usia muda. Itu hanya rata-rata, anda seorang kreatif bisa membuat pengecualian.

Tidak ada komentar

GENERASI GO-BLOG. Diberdayakan oleh Blogger.