Otak Kiri dan Otak Kanan


“Fungsi utama dari badan anda adalah membawa otak anda kemana-mana.” - Thomas Edison
 
Pada akhir tahun 1960-an Roger Sperry menerbitkan teori bahwa otak sebelah kiri adalah sisi analisa dan verbal, sementara sisi sebelah kanan adalah sisi kreatif dan visual. Dibagian tengah adalah corpus callosum sebagai konektor atau penghubung. Secara sederhana, kedua sisi tersebut berkomunikasi satu sama lain melalui konektor ini. Adalah corpus callosum yang secara langsung memberitahu tangan kanan apa yang tangan kiri sedang lakukan.

Setiap belahan otak menerima informasi benar-benar dengan cara berbeda. Sisi otak kiri adalah pusat pengucapan, dimana anda mendapatkan kemampuan untuk membentuk pemikiran dan mewujudkannya dalam bentuk kata-kata. Bagian ini juga yang betanggung jawab untuk mengatur urutan atau aturan logika.

Sementara sisi kanan dari otak mengatur keahlian motorik, intuisi dan emosi. Juga memberikan kemampuan untuk mengenal dan mengindentifikasikan gambar. Sementara sisi kiri berpikir dalam bentuk kata, sisi kanan melihat gambar. Individu kreatif seperti artis, penulis, musisi sering kali dikenal akrab dengan kedua sisi alamiah ini.

Namun dalam penggunaan sehari-hari memungkinkan terjadinya perpindahan penggunaan dari satu sisi ke sisi yang lainnya. Seorang manusia akan berpindah tergantung situasi yang dihadapinya. Bayangkan seorang akuntan, yang hidup dari bekerja dengan angka, baris demi baris, kolom demi kolom dari angkaangka. Sangat jelas bahwa kehidupannya tergantung dari pengunaan sisi otak sebelah kiri secara maksimal. Namun ketika dia ingin menari dansa di acara pesta malam, dia berpindah menggunakan otak kanan yaitu otak kreatif. Dengan penggunaan sisi otak kanan maka memungkinkan dia untuk mengetahui cara menari.

Disisi lain kita lihat seorang pelukis. Dia menggunakan otak kanan untuk memvisualisasikan gambar yang diprosesnya menjadi sebuah lukisan. Seharian penuh dia akan melukis dengan memanfaatkan sepenuhnya otak kanan untuk mengatur variasi warna, bayangan, seni tarikan garis yang dioleskannya di atas kanvas. Namun pada malam hari, dia berpindah menggunakan otak kiri karena sedang menghitung keuangan bulanannya. Sisi otak kirinya menghitung dengan pemikiran logika dan analisa.

Kebanyakan manusia cenderung hidup dengan tendensi penggunaan satu sisi otak yang lebih dominan karena beberapa hal seperti faktor genetik, tipe kehidupan keluarga tertentu, dan pelatihan di masa kecil. Tetapi ada perkecualian memang untuk beberapa hal. Dan perubahan dimungkinkan dengan pelatihan atau penguatan penggunaan untuk sisi tertentu,
Salah satu contoh yang terkenal dengan perubahan ini adalah cerita nyata dari Theodore Roosevelt, presiden ke duapuluh enam negara Amerika Serikat. Sejak anak kecil dia mengalami sakit akibat asma dan kebanyakan masa anak-anak dilewatinya dengan sakit. Namun untuk mengembangkan kesehatan tubuhnya, ayahnya membangun sebuah pusat kebugaran pribadi untuknya. Dengan senam, Theodore akhirnya berhasil sehat dan mengalahkan kelemahan badannya dengan berolahraga. Di masa dewasanya, dia menjadi pengacara dan penulis sejarah serta filosofi yang cakap. Ini adalah bukti dari perpindahan penggunaan sisi otak dari seorang manusia tergantung dengan kondisi yang dihadapinya.

Terserah sisi otak mana yang anda pilih, akan mendikte apa yang anda sukai dan benci, dan juga akan membentuk keahlian, talenta dan kelemahan anda. Juga akan berdampak kepada kehidupan pribadi anda, menentukan apa yang anda lakukan dengan hidup dan siapa yang akan anda temukan dalam hidup ini sebagai pasangan.

Anda akan memperhatikan perubahan hidup anda yang pasti berdampak kepada penggunaan sisi otak yang dominan. Perubahan gaya hidup dan tanggung jawab akan membawa perubahan bagaimana cara anda memandang segala sesuatunya dan bagaimana anda bereaksi terhadap perubahan. Jadi, tidak perduli sisi mana yang anda pilih, anda tetap bisa menggunakan kedua sisi otak anda dan anda akan menemukan kegunaan perubahan penggunaan dari waktu ke waktu, sesuai dengan kebutuhan keadaan sekitar anda.
Mari kita rinci lebih detail penggunaan dari sisi otak anda. Sisi otak sebelah kiri mengendalikan:
  • Logika
  • Analisa
  • Urutan
  • Rasional
  • Linier
  • Verbal
  • Target sasaran alamiah
Sementara sisi otak kanan mengendalikan:
  • Intuisi
  • Spontanitas
  • Emosional
  • Visual
  • Artistik
  • Permainan
  • Non-verbal dari gaya anda

Orang berotak kanan gampang untuk dikenal. Mereka pemimpi, tukang melamun, dan suka mengkhayal. Mereka suka memutuskan untuk berjalan ke suatu tempat yang tidak spesifik. Mereka lebih peka dengan warna, aroma, bebauan dan lebih bisa memvisualisasikan skenario, dikenal dengan momen “bagaimana jika”. Mereka lebih peka dengan emosi mereka, juga dengan emosi orang disekitar mereka. Mereka lebih mudah untuk berhubungan dengan yang lain, mengerti titik pandang dan pengalaman mereka. Secara mudah, mereka lebih intuitif dan spontan.

Orang dengan otak kiri selalu menanyakan pertanyaanpertanyaan dan menginginkan jawaban untuk semua hal. Mereka lebih terlihat sebagai pembuat daftar dan pembuat rencana. Ide mereka untuk menghibur diri termasuk mengerjakan teka-teki silang atau mengerjakan masalah matematika. Mereka lebih suka menulis dan membuat outline dari aktivitas mereka. Mereka juga lebih terhubung dengan waktu dan jadwal, serta suka membuat perencanaan sedetail mungkin dari awal hingga akhir. Mereka lebih analis dan suka memecah masalah sampai ke bahagian yang terkecil.

 
 
Semua yang anda lakukan, semua yang anda pikirkan, semua yang anda rasa, dan semua yang anda alami diarahkan melalui otak anda dan disaring melalui sisi otak kiri dan/atau sisi otak kanan.

Semua manusia memiliki peralatan yang sama untuk menggunakan dan memanfaatkannya dalam kehidupan seperti halnya dengan Albert Einstein, Louis Pasteur, Leonardo DaVinci atau Helen Keller.

Bukan ukuran atau besar otak yang penting, tetapi apa yang kamu lakukan dengannya yang menjadi penentu. Yang membedakan antara otak kita orang biasa dengan orang yang jenius adalah kemampuan mereka untuk berpindah dari satu sisi
ke sisi otak yang lain dengan mudah dan meningkat kemampuang penggunaan kedua sisi dari otak untuk hasil terbaik.

Jadi bagaimana anda melatih otak anda agar lebih efektif? Ada beberapa jenis latihan yang bisa membantu performa otak anda untuk bekerja bergantian. Latihan ini berguna agar otak anda bisa menyesuaikan dengan dunia sekeliling anda dan secara efektif bisa menghadapi semua kondisi yang anda hadapi dalam hidup ini.

Satu bentuk latihan berbentuk sesuatu yang sangat sederhana. Ketika kecil, anda pasti pernah bermain tentang ilusi optik. Jika awalnya anda melihat sebuah gambar dengan jelas, namun ketika anda melihat lebih dekat maka gambar lain muncul. Di toko buku juga banyak terdapat buku gambar yang demikian. Kedua gambar yang berbeda itu membuat otak anda berpindah satu sisi dengan yang lain.

Latihan lain yang bagus adalah dengan melatih otak anda melalui sistem brainstorming. Disini anda pertama kali harus mendefenisikan masalah yang anda hadapi, paparkan dalam detail yang terperinci, dan tanyakan kepada diri anda apa yang sangat ingin anda capai. emudian pecah masalah tersebut kedalam komponen dasar. Bagian-bagian yang lebih kecil biasanya tidak akan mengintimidasi anda dan lebih mudah dihadapi. Jika perlu, katakan masalah yang anda hadapi adalah masalah perusahaan yang kompleks dan sangat penting, cari bantuan dari ahli untuk sistem brainstorming ini. Lalu tahap akhir, visualisasikan bagaimana hasilnya nanti. Bagaimana anda melihatnya lepas di dalam pikiran anda? Membuat hasil yang menyenangkan adalah solusi terbaik.

Dalam melatih pemecahan masalah, anda akan menemukan hal lain, tidak saja menyelesaikan masalah anda namun juga membantu anda memvisualisasikan dan mengembangkan kreativitas. Ikuti tips berikut ini:
1. Cobalah untuk melihat benar-benar sisi balik dari masalah anda. Contohnya: tidak memiliki cukup karyawan di kantor? Coba bayangkan melihat kerumunan orangberkeliaran.
2. Harapkan yang tidak terduga.
3. Lupakan semua yang sudah anda ketahui tentang masalah dan mulailah dari awal lagi. Dengan model berpikir jernih dari awal ini, anda akan bisa melihat masalah dengan lebih jelas dan mencari alternatif solusi lain.
4. Lakukan permainan peran dengan orang lain yang terlibat dalam masalah. Lihat sudut pandang mereka. Coba melihat dari sudut pandang mereka juga. Jenis latihan terakhir yang kita bahas disebut sinematik atau melihat gambar di dalam bayangan mata anda. Terkadang, muncul kilas balik ingatan masa lalu ketika anda sedang
membayangkan sesuatu. Ada yang baru anda ingat sekarang ini tanpa alasan jelas dari masa lalu anda. Penggalan ingatan itu mungkin berupa pengalaman emosional, baik buruk maupun menyenangkan. Anda bisa saja mengingat ulang yang sudah pernah anda ingat sebelumnya, tapi bisa juga yang sudah anda lupakan dulu. Lubang ingatan adalah hal yang normal bagi kebanyakan orang.

Pada tahapan berikutnya, anda akan mengupayakan kejadian yang belum terjadi di masa depan untuk muncul. Itulah skenario sempurna yang anda inginkan. Ini disebut dengan “melamun”. Anda pasti pernah mendapatkan nasehat dari orang tua, guru atau orang dewasa lainnya ketika masih kecil bahwa sebaiknya anda tidak melamun dan lebih mending bekerja. Pada masalah ini, selain bekerja adalah penting untuk melamun yang serius. Sebenarnya hal itu penting dan sangat berguna bagi anda sebagai alat kreatif yang hebat.

Anda akan menemukan juga, bahwa wanita dan pria menerima informasi dengan reaksi yang berbeda. Otak yang
memfilter informasi melalui otak kiri dan otak kanan secara berbeda. Wanita cenderung bereaksi lebih umum, sedangkan pria cenderung menyamping. Pria cenderung menggunakan otak kiri dan bereaksi lebih kepada satu pikiran untuk berbagai situasi. Mereka berpikir berdasarkan pikiran logis, mengambil tugas satu demi satu setiap masa. Sementara itu wanita lebih bersifat multi tugas secara alamiah. Ilmuwan berpendapat bahwa ini muncul dari era primitif, dimana wanita bertanggung jawab untuk memasak, membersihkan, mencuci, dan memelihara anak dari bahaya dan incaran hewan buas. Sementara pria primitif menjadi pemburu, yang membutuhkan pikiran terpusat ke satu masalah untuk kebutuhan berburu tersebut. Wanita cenderung untuk lebih emosional dan lebih ingin berbicara mengenal perasaan mereka, sementara pria menekan masalah itu dan melarikannya ke kebiasaan mereka seperti bermain bola atau menonton televisi. Di saat bersamaan, pria bisa marah pada setiap situasi, yang pada akhirnya memancing masalah lain, sementara wanita menjadi mediator.

Tidak menjadi masalah jika menggunakan otak kiri atau otak kanan, yang penting adalah penutupannya. Membandingkan bagian yang hilang dari teka-teki, otak kiri anda akan mencari perhitungan yang belum diketemukan, sementara otak kanan anda akan mencari gambar yang belum dijumpai ketika anda menghadapi masalah tertentu.

Baru-baru ini dari dokumentari BBC ditemukan penemuan yang menarik. Studi terbaru yang dilakukan bagi pasien yang menderita autisme dan dementia, ilmuwan berkata bahwa mereka sudah menemukan bagian yang hilang dari otak, yang jika dimatikan fungsinya, bisa menstimulasi jenius artistik. Ilmuwan
yang berkebangsaan Australia tersebut melihat bahwa di masa depan terbuka kemungkinan adanya ketersediaan tombol yang berfungsi untuk mengaktifkan kejeniusan seseorang.
 
Jika anda ingin tahu apakah anda lebih didominasi oleh sisi otak kiri atau otak kanan maka anda bisa mengunjungi laman web di: http://www.web-us.com/brain/LRBrain.html. Disana tersedia kuis yang membantu anda untuk mengetahui sisi otak mana yang lebih dominan dibanding yang lainnya.

Humor adalah sesuatu yang bisa anda kembangkan dengan menggunakan kedua sisi otak anda. Sisi otak kanan akan segera mencari secara otomatis humor di setiap situasi lucu, sedangkan sisi otak kiri akan menganalisa bagaimana tahap setiap proses yang terjadi, dan menentukan mengapa hal itu begitu menariknya. Jika kendali yang dibuat oleh sisi otak kiri begitu kuat, maka anda akan
merasakan bahwa hal itu belum tentu lucu. Untuk contoh ini, sebaiknya anda membebaskan rasa kreatif anda untuk menemukan caranya sendiri agar anda bisa menikmati humor dan momen yang menyertainya. Ingatlah, bahwa kebanyakan para tokoh jenius sepanjang sejarah dikenal sebagai orang yang penuh dengan rasa humor.

Selain kedua sisi otak, ada alat filter yang terdapat di bagian dasar dari otak anda yang dinamakan sebagai Reticular Activating System atau RAS. Alat deteksi dan penyaring ini terdiri
dari beberapa grup sel yang membantu anda ketika sadar untuk menyaring informasi penting dan tidak penting. Jadi anda bisa memilih informasi vital yang anda rasa perlu untuk kesadaran anda.

Jika anda peka kepada setiap suara, sensasi, warna dan perasaan serta yang lain, maka tidak akan diragukan lagi anda akan menjadi gila. Terlalu banyak informasi berdasarkan sensor akan membanjiri kesadaran anda, setiap menit dan setiap hari. Anda bisa mengakses informasi tersebut jika anda menginginkannya, jadi memindahkan fokus anda dari kesadaran yang tidak penting bagi anda.

Contoh kasus untuk ini adalah seorang ibu baru. Walaupun dia bisa tertidur, tapi dia tetap bisa mendengarkan suara yang pelan dari ruang perawatan bayi yang ada didekatnya. Dia mengakses informasi ekstra itu karena dia merasa sangat penting untuk hal itu.

Jika anda tetap membuka diri kepada ide-ide baru maka Reticular Activating System anda akan bisa menerima informasi yang diperlukan bagi kesadaran anda, dan itu akan memberikan anda inspirasi yang baru.

Juga ditemukan bahwa otak bisa merekam informasi dalam jumlah yang sangat besar. Semua yang pernah anda baca, semua yang pernah anda dengar dan semua yang pernah anda lihat dan anda alami, tersimpan seluruhnya di otak anda. Masalah kepada sebagian besar dari kita adalah cara mengakses semua informasi penting itu.

Melalui meditasi dan terkadang hipnosis, informasi tersebut bisa didapatkan kembali. Meditasi bisa menguatkan hubungan antara kesadaran dan alam tidak sadar serta membantu RAS untuk mengakses semua ingatan yang tersimpan.

Hipnosis sering digunakan untuk subjek yang membutuhkan pemunculan ingatan yang sudah terkubur jauh dalam otak. Beberapa topik pribadi seseorang yang sudah lama tidak dibicarakan dan terlupakan bisa diakses dengan cara ini. Mungkin anda berpikir cara ini sedikit berlebihan, tapi di dunia psikologi cara ini sangat membantu untuk beberapa tipe pasien.

Hipnosis sebenarnya sama dengan melamun atau mengkhayal, jadi kesadaran anda dibuat tenang dan menyingkir dari jalan. Kemudian alam bawah sadar anda mengambil alih untuk sementara. Tapi anda sepenuhnya sadar selama proses ini berlangsung dan anda tahu apa yang terjadi disekeliling anda.
Indra anda menjadi meningkat sensivitasnya, dan kesadaran anda bisa mengakses semua informasi yang dibutuhkan.
 
Kabar baik adalah: anda bisa melakukannya sendiri, tidak dibutuhkan seorang hipnotis untuk membantu anda. Anda hanya perlu belajar melamun untuk mendapatkan hasil terbaik. Dengan memberikan kesadaran anda akses ke ingatan dan informasi dari otak anda, maka anda akan bisa melakukan koneksi atau proses kreatif dengan menghubungkan satu ide dengan kesadaran atau ingatan lainnya. Sementara itu, kesadaran anda tetap bisa menyaring informasi apa yang relevan dan penting untuk itu.

Latihan pikiran diatas sangat penting untuk mengakses berbagai informasi yang ada di otak kita. Albert Einstein, ketika menghadapi masalah, dia akan pindah menjauh untuk sementara waktu dan memainkan violinnya beberapa menit. Setelah kembali, biasanya dia mendapatkan solusi untuk masalah yang tadi dihadapinya. Meninggalkan masalah atau dilema sementara waktu, dengan berjalan keluar, atau mendengar musik, sering bisa membantu menenangkan pikiran dengan baik, membuat anda bisa memecahkan masalah itu sendiri. Ini adalah model kesadaran yang mundur untuk sementara dan kembali lagi membantu untuk memecahkan masalah.

Otak anda juga memiliki kemampuan untuk melakukan multi tugas. Perhatikan bagaimana seorang ibu rumah tangga, sementara dia memasak untuk makan malam, dia memberi makan bayi, bicara dengan temannya di telepon, melerai dua anaknya yang bertengkar sembari menjawab ke pintu depan karena ada penjual keliling yang mengetuk.

Indra kesadarannya yang konstan sibuk, terus mengirimkan umpan balik ke otaknya, memastikan semua yang dikerjakannya bisa selesai. Tanpa upaya dari kesadarannya, paruparunya memproses oksigen, jantungnya memompa darah, dan suhu badannya terpelihara. Dia menyelesaikan memasak untuk makan malam, menyelesaikan makan bayinya dan meletakkannya di box tidur, mengakhiri pembicaraan telepon, mengantarkan kedua anaknya ke kamar masing-masing dan menolak penjual keliling tadi.

Terima kasih kepada alam bawah sadar, kita bisa menyetir kendaraan, memainkan piano, menonton televisi sambil berbicara dengan teman pada saat yang bersamaan.

Otak kita memproses informasi setiap detik, setiap menit, setiap jam, setiap hari. Otak manusia mampu memproses setengah juta pilihan dan kemungkinan setiap beberapa detik. Itulah alasan mengapa kreativitas bisa menjadi mudah bagi manusia. Yang perlu kita lakukan adalah belajar untuk mempercayai otak kita yang hebat ini, juga alam bawah sadar kita dan berlatih, berlatih dan selalu berlatih. Ini akan memastikan ide terus mengalir. Kreativitas itu alamiah dan penting untuk manusia seperti pentingnya kita bernafas. 

 
Mendengar musik ibarat vitamin bagi otak anda. Pilih lagu lembut seperti instrumental atau musik klasik. Musik daerah pun bisa, yang penting nadanya tenang dan lembut. Pikiran anda akan terbuai dan rileks.

Berjalan di pedesaan atau jogging adalah kegiatan dengan ritme tetap. Otak kiri dan otak kanan anda akan rileks. Badan anda merespon dengan mendapatkan ketenangan yang dialami kedua sisi otak. Anda bisa melakukan renungan yang santai. Jangan pikirkan masalah anda dahulu ketika awal latihan ini. Capai kondisi yang tenang dan lambat. 

Kegiatan diatas adalah alternatif anda selain tidur. Memang tidur adalah yang terbaik. Latihan yang sebaiknya anda pikirkan dengan serius. Otak, seperti halnya tubuh dengan olahraga fisik, juga membutuhkan olah raga dan istirahat. Bedanya, otak tidak harus dengan olah raga fisik, namun kegiatan relaksasi dan kegiatan dengan ritme teratur pada suasanan yang tenang.
 






 

Tidak ada komentar

GENERASI GO-BLOG. Diberdayakan oleh Blogger.