Mengapa Wanita Lebih Sering Menangis Daripada Pria


Menangis dimulai ketika lahir dan tujuan utamanya adalah untuk merangsang perasaan cinta dan melindungi dari orang dewasa. Menangis adalah cara bagi bayi untuk mendapatkan apa yang diinginkannya dan, sebagai orang dewasa, perilaku ini masih terus berlangsung pada sebagian wanita. Sebagian besar wanita dapat mengenali tujuh makna yang berbeda di balik tangisan seorang bayi untuk mengevaluasi kebutuhannya. Kelenjar air mata pada wanita lebih aktif daripada kelenjar air mata pria, yang mana hal ini konsisten dengan lebih besarnya tanggapan emosional otak wanita. Pria jarang menangis di depan umum, karena dari sudut pandang evolusi, seorang pria yang memperlihatkan emosi, terutama di depan para pria lainnya, dapat mendatangkan risiko. Dia akan tampak lemah dan hal ini akan mendorong para pria lainnya untuk menyerangnya. Akan tetapi, bagi kaum wanita untuk memperlihatkan emosi kepada orang lain, khususnya para wanita lain, dilihat sebagai sebuah tanda ketulusan karena orang yang menangis menjadi bayi dan menempatkan teman-temannya untuk berperan sebagai orangtua yang melindungi.

Tangis memiliki tiga tujuan yang diketahui:
 
1. Untuk mencuci mata

Banyak ahli zoologi yang percaya bahwa fungsi ini adalah peninggalan dari era akuatik tatkala kita hidup terutama di dalam air dan mengembangkan jari-jari yang berjaring, lubang hidung yang menghadap ke bawah untuk memungkinkan berenang dengan efektif. Kelenjar air mata mengeluarkan cairan ke dalam mata dan pembuluh air mata bertindak sebagai pengering untuk menghilangkannya melalui rongga hidung. Tangis berfungsi untuk menghilangkan garam dan kotoran-kotoran lainnya dari mata suatu kekhasan yang tidak tampak pada primata-primata lainnya. Air mata juga mengandung enzim yang disebut lysozyme yang membunuh bakteri dan mencegah infeksi pada mata.
 
2. Untuk mengurangi stres
Analisis kimia terhadap air mata mengungkapkan bahwa air mata karena stres, yaitu yang mengalir ke bawah pada pipi, mengandung berbagai protein dari bahan-bahan yang digunakan untuk membersihkan mata. Tubuh tampaknya menggunakan fungsi ini untuk membersihkan racunracun stres dari tubuh. Ini dapat menjelaskan mengapa para wanita mengatakan mereka merasa lebih baik setelah “menangis sepuaspuasnya,” bahkan tatkala tampaknya tak ada alasan yang nyata untuk menangis. Air mata juga mengandung endorphin, salah satu penghilang rasa nyeri alami tubuh, yang bertindak sebagai pengatur/pengurang rasa sakit emosional.
 
3. Sebagai isyarat emosional
Anjing laut dan berang-berang laut menangis tatkala merasakan kepedihan yang emosional karena mereka kehilangan anak mereka. Manusia adalah satu-satunya hewan darat yang menangis baik karena emosi atau untuk memanipulasi secara emosional. Air mata adalah sebuah isyarat emosional yang meminta orang lain untuk memeluk dan menenangkan orang yang menangis dan mendorong produksi hormon oxytocin, yaitu hormon yang berfungsi untuk membuat seseorang punya keinginan untuk disentuh dan dimanja oleh orang lain.

Mata yang berkaca-kaca terjadi manakala emosi seseorang mengental namun air mata tidak melimpah hingga mencapai titik di mana ia mengalir hingga ke pipi. Mata yang berkaca-kaca dapat dilihat pada kedua mata orangtua atau kekasih yang merasa bangga dan berkejap-kejap sewaktu cahaya memantul dari air mata yang dihasilkan.

Tidak ada komentar

GENERASI GO-BLOG. Diberdayakan oleh Blogger.