Jenis-Jenis Pembohong


Seorang “pembohong alami” adalah seseorang yang punya nurani namun punya rasa percaya diri atas kemampuan berbohong yang dimilikinya, dan sudah melakukan itu semenjak masih kanakkanak. Seringkali mereka berbohong kepada orangtua mereka untuk menghindari hukuman keras yang akan diterimanya bila mereka mengatakan kebenaran. Banyak pembohong alami yang meningkatkan kemampuan ini pada masa dewasanya dengan menjadi pengacara, salesman, negosiator, aktor, politisi dan mata-mata.
Seorang “pembohong tidak alami” adalah seseorang yang, sewaktu masih kanak-kanak, diyakinkan oleh orangtuanya bahwamustahil baginya untuk berbohong dan bahwa orangtuanya dan orang lain akan selalu mendeteksi kebohongannya. Orang-orang dungu yang mudah dibohongi yang sepanjang hidupnya mengatakan kepada setiap orang tentang kebenaran segala hal, dengan menekankan “Aku tak pernah berkata bohong” dan menyebabkan kemarahan dan masalah dengan setiap orang yang mereka jumpai. 
Salah satu pembohong paling berbahaya yang dapat dijumpai oleh seorang wanita adalah Pembohong Romantis. Manakala seorang Pembohong Romantis sedang beroperasi, hampir semua wanita tak menyadari tentang apa yang sedang terjadi. Beberapa Pembohong Romantis mengkhususkan dalam menyembunyikan fakta bahwa mereka telah menikah sementara yang lainnya sangat ahli dalam hal berakting sebagai pengacara, dokter, dan pengusaha sukses dalam rangka mendapatkan rasa hormat dan pesona seks. Para pembohong ini hanya dibatasi oleh imajinasi mereka. Hasilnya, mereka dapat mengakibatkan kerusakan yang sangat parah, secara emosional, psikologis, dan seringkali finansial kepada para wanita yang menjadi korban mereka.
Umumnya, tujuan akhir dari Pembohong Romantis adalah mengeruk uang, mendapatkan akomodasi, seks dan keuntungan-keuntungan lainnya dari seorang wanita yang tak curiga. Sebagai balasannya, dia berpura-pura menawarkan kebahagiaan dan cinta kepada si wanita. Ruang-ruang kerja para ahli terapi dipenuhi dengan wanita-wanita kaya dan cerdas yang telah jatuh menjadi korban dari seorang Pembohong Romantis, di mana sebaliknya sebagian wanita-wanita cerdas ini telah menjadi korban berantai yang terus-menerus tertarik dengan tipe pria yang sama. Kerusakan emosional dan kurangnya rasa harga diri yang dihasilkan dari perjumpaan-perjumpaan ini biasanya jauh melebihi kehilangan harta benda dan dapat meninggalkan bekas emosional, yaitu tak pernah lagi bisa mempercayai laki-laki. 
Pembohong Romantis diam-diam merasa yakin bahwa dirinya adalah seorang James Bond. Pembohong Romantis muncul dari mana saja dan merekamenjamur di ruang-ruang chatting Internet di mana hampir semua orang berbohong dan apa saja bisa dilakukan. Banyak orang yang percaya bahwa para wanita yang diperdaya oleh seorang Pembohong Romantis pastilah terlalu cepat percaya atau bahkan goblok, namun tidaklah demikian kasusnya. Bakat utama Pembohong Romantis ini adalah kemampuannya untuk melancarkan kebohongan yang masuk akal dalam waktu yang cukup lama agar supaya korbannya menjadi tergila-gila. Si wanita menjadi terbutakan matanya atas kebohongan itu atau menyangkalnya, bahkan manakala kebohongan itu sudah jelas bagi teman-teman dan keluarganya. 
Selalu ada gunanya bagi para wanita untuk membuat suatu kesepakatan dengan seorang sahabatnya bahwa, manakala salah satu dari mereka jatuh cinta dan tergila-gila dengan “si dia,” maka yang salah satunya lagi punya otoritas untuk secara diam-diam bertindak sebagai polisi dan mengecek kebangkrutan si pria. Bila pria itu melamar suatu posisi yang sangat penting di mana pun di dunia ini,
maka hal ini akan menjadi standar praktis, bukankah memang semestinya demikian pula kasusnya manakala keuangan dan emosi 
Anda sedang terancam untuk direnggut? Para wanita yang menolak ide ini dengan ungkapan klasik “Cinta akan mengalahkan segalanya” biasanya adalah orang yang telah berulangkali ditaklukkan secara habis-habisan oleh si Pembohong Romantis. Orang bilang bahwa mereka mencintai kebenaran
namun dalam kenyataannya mereka ingin mempercayai bahwa apa yang mereka cintai adalah benar.- ROBERT RINGER
Bila seseorang turun berat badannya, berhenti minum minuman keras, berhenti menggunakan narkoba atau mendapat pekerjaan agar supaya dirinya menjadi lebih memikat, Anda mungkin ingin mempertanyakan motif mereka. Bila Anda membuat sebuah ikatan dengan mereka, apakah mereka akan tetap ramping, bekerja, berhenti minum, dan bebas narkoba? Harimau jarang yang mengubah belangnya. Hubungan yang didasarkan pada kejujuran adalah satusatunya yang akan bertahan dalam jangka panjang.Perubahan-perubahan yang bertahan lama yang kita buat untuk diri kita sendiri adalah perubahanperubahan yang permanen.
Bila Anda adalah manajer personalia di suatu perusahaan dan ada seseorang yang melamar untuk sebuah posisi yang sangat penting, Anda pasti ingin mengetahui sebanyak-banyaknya tentang mereka dan masa lalunya, benar? Manakala memikirkan seorang pasangan jangka panjang, maka hal yang sama hendaknya diterapkan. Sumber informasi terbaik adalah mantan pasangan orang itu. Bila Anda atau seorang teman “secara tak sengaja” dapat berpapasan dengan mereka, biasanya mereka akan dengan sangat senang hati memberikan informasi yang relevan. Sementara hal ini tampaknya seperti memata-matai bagi sebagian orang, ini adalah praktik standar bagi banyak percintaan di Jepang. Keluarga dari salah satu pihak pasangan akan menyajikan sebuah curriculum vitae putra atau putri mereka kepada keluarga calon menantunya, dan wawancara dan negosiasi terjadi bahkan sebelum kencan pertama diatur. Ini menghindari munculnya sesuatu yang tak diduga, seperti membeli kucing dalam karung, pada masa depan pasangan itu. Jawabannya di sini adalah untuk selalu mencek rekam jejak (track record) produk apa saja yang hendak Anda simpan untuk jangka lama. Janganlah menjadi korban dari salah satu hal ini: ungkapanungkapan klise atau hormon yang sedang bergejolak.

Tidak ada komentar

GENERASI GO-BLOG. Diberdayakan oleh Blogger.