Tentang Petir


Tetangga saya, masih kanak-kanak, bertanya tentang apa yang terjadi ketika kiiat menyambar air. Apakah semua ikan di situ akan mati dan bagaimana dengan penumpang perahu yang lambungnya terbuat dari logam?


Ketika sebuah arus listrik yang kuat sekali, seperti yang terkandung dalam petir, menyambar permukaan sebuah badan air, listrik tersebut dapat mencapai bumi melalui berbagai cara. Oleh sebab ini, listrik dihantarkan melalui sesuatu berbentuk setengah bola yang dengan cepat menyebarkan kekuatan dahsyat yang semula dimiliki oleh petir. Tentu saja, ikan yang terkena langsung oleh sambaran petir, atau berada dekat sekali dengan titik sambaran, akan terbunuh atau terluka. Bagaimanapun, sebuah petir memiliki temperatur beberapa ribu derajat dan mampu dengan mudah menguapkan air di sekitar titik sambaran. Ini menciptakansebuah gelombang kejut di bawah permukaan air yang dapat mengubah anatomi seekor ikan atau menulikan penyelam manusia yang berada tidak jauh, hanya puluhan meter dari situ. Jika seseorang dalam sebuah perahu dengan lambung terbuat dari logam berada cukup dekat sehingga merasakan dampak langsung sambaran petir, ia akan menjadi kering dalam seketika. Kendatipun demikian, lambung dari logam menghantarkan listrik jauh lebih baik ke air, maka listrik dari petir lebih suka mengalir melalui lambung kapal ke dalam air.
Andrew Healy
Ashford, Middlesex, Inggris

Ketika petir menyambar, tempat terbaik untuk berlindung adalah di dalam sebuah konduktor, misalnya lambung kapal yang terbuat dari logam, atau berada di dalam laut (misalkan Anda seekor ikan). Pada abad yang silam, fisikawan Michael Faraday menunjukkan tak ada medan listrik dalam sebuah konduktor. Ia membuktikannya dengan masuk ke dalam sebuah sangkar dari logam kemudian menyambarkan sebuah petir buatan ke sangkar itu. Semua orang kecuali Faraday terkejut ketika ia keluar dari sangkar tanpa cedera.
Eric Gillies
University of Glasgow, Inggris

Tidak ada komentar

GENERASI GO-BLOG. Diberdayakan oleh Blogger.