Penyebab Air Laut Asin


Adakah yang bisa memberitahu saya mengapa air laut asin? Ibu saya tidak tahu jawabnya.


Air laut asin karena sungai-sungai yang mengalir ke situ membawa garam-garam dan mineral-mineral lain dari tanah. Garam-garam itu terlarut ke sungai dan sungai mengalir ke laut. Sewaktu matahari menguapkan air dari laut untuk membuat awan, garam dan mineral tidak ikut pergi, maka laut lebih asin daripada air sungai dan air danau.
Jack Cave-Linch (9 tahun)
Wellington, Selandia Baru

John Connolly bukan anak yang pemalu. Selalu bertanya dan selalu ingin tahu Laut yang asin membuatnya senang berkecipak dan berenang mengikuti gelombang. Ia bukan air tawar dari pipa yang memakai keran. Atau dari botol-botol besar berisi air galonan Maka kini ia tahu bahwa garam dan laut sama seperti teh dengan gula yang
telah larut. Dan masih banyak garam-garam yang lain Yang sama-sama larut ke dalam air yang asin. Natrium klorida, garam yang selalu ada di meja mempunyai beberapa teman yang agak sulit dieja Kalium klorida, magnesium klorida, pun garam-garam iodida. Semua larut ke laut karena pohon-pohon makin tiada. Nah, John kecil yang kelak makin pintar, mencari tahu juga cara yang baik untuk belajar!
Alex Tri Kantjono
Cimahi, Indonesia

Tidak ada komentar

GENERASI GO-BLOG. Diberdayakan oleh Blogger.