Dua Orang Berjalan Bersama Mereka Berjalan Selaras

Mengapa ketika dua orang berjalan bersebelahan mereka berjalan secara sinkron?





Mengapa ketika dua orang berjalan bersebelahan mereka sering secara tak sadar mulai berjalan secara sinkron. Apakah ini naluri alami?


Pakar zoologi dan spesialis perilaku manusia, Desmond Morris, berkata bahwa alasan orang mulai berjalan seperti orang lain adalah mereka mempunyai suatu kebutuhan bawah sadar untuk menunjukkan kepada sang teman bahwa mereka sependapat dengan mereka dan karena itu cocok sekali dengan mereka. Ini juga sebuah isyarat bagi orang lain bahwa “kami bersama, maka kami selaras." Penelitian lain menunjukkan bahwa kita juga cenderung meniru perilaku orang yang bersama kita, terutama atasan kita, misalnya dengan menyilangkan kaki ke arah yang sama. Ini sering terjadi dalam sebuah rapat, ketika bos menggaruk hidung, banyak orang lain ikut melakukannya tanpa sadar.
Adithi
Hong Kong


Walaupun pandangan berikut sama sekali tidak didukung oleh bukti, saya mempunyai jawab untuk pertanyaan mengapa orang cenderung menyelaraskan langkah-langkah mereka. Sewaktu memperhatikan sekelompok anak berjalan-jalan di sebuah taman belum lama ini, yang diawasi oleh dua orang dewasa, saya melihat bahwa kedua orang dewasa itu menyelaraskan langkah-langkah dan arah berjalan mereka, sementara anak-anak berjalan, berlarian, dan berlompatan secara acak, ada yang jauh di depan, ada yang ketinggalan, dan ada yang menyimpang dari lintasan bersama. Barangkali anak-anak ini, yang belum tercemari oleh keharusan menyesuaikan diri dan menyeragamkan diri dalam masyarakat, belum tahu bahwa kalau sudah dewasa kelak mereka belum tentu sebebas itu.
Todd Collins
Wagga Wagga, New South Wales, Australia


Apabila lain kali Anda berjalan bersama seseorang, berjalanlah dengan irama lebih lambat, tetapi sambil meneruskan percakapan Anda dengannya. Anda akan tertinggal dan percakapan akan terhenti. Ketika Anda berjalan seirama, lebih mudah bagi teman Anda untuk mengetahui posisi Anda sehingga tahu ke mana ia harus menoleh. Komunikasi dengan seseorang lebih mudah apabila Anda berdekatan dan ketika posisi muka relatif stabil alih-alih naik turun tak menentu.
Harnish
Lewat email, tanpa alamat


Berikut ini sebuah penjelasan yang tidak dihubung-hubungkan dengan ilmu sosial. Ketika orang berjalan mereka cenderung sedikit berayun ke kanan dan ke kiri. Apabila dua orang berjalan berdampingan tetapi tidak selaras, mereka akan beradu bahu setiap dua langkah.
Peter Verstappen
Kaleen, ACT, Australia

Tidak ada komentar

GENERASI GO-BLOG. Diberdayakan oleh Blogger.