Burung Tak Terjatuh Saat Tidur di Pohon



Mengapa burung tak pernah jatuh dari tempat mereka bertengger ketika sedang tidur? Apakah mereka sungguh bisa tidur?


Burung memiliki tatanan tendon yang efektif pada kaki mereka. Tendon fleksor dari otot paha mereka memanjang melewati lutut, terus ke kaki, melingkari pergelangan dan berujung di bawah jari-jari kaki. Tatanan ini mengandung arti bahwa, dalam keadaan istirahat, berat tubuh burung menyebabkan ia menekuk lutut dan menarik tendon kuat-kuat, sedemikian sehingga cakar selalu dalam posisi mencengkeram. Tampaknya mekanisme ini begitu efektif sehingga ada burung yang terus mencengkeram tempat mereka bertengger kendati mereka sudah lama mati.
Anne Bruce
Girvan, Ayrshire, Inggris

Ya, burung memang tidur. Tidak hanya itu, ada burung yang bahkan tidur sambil berdiri pada satu kaki. Dan yang lebih mengejutkan, burung dapat dihipnosis sampai tidur sekehendak kita. Saya telah mencobanya pada burung Myna ( Gracula religiosa)- sejenis beo-saya. Apabila Anda ingin mencoba, dekatkan mata Anda ke kandang, kemudian sambil menatap matanya gunakan prinsip hipnosis "matamu akan menjadi berat ...semakin berat" pada mata Anda sendiri. Berbuatlah seolah-olah Anda pelan-pelan terserang kantuk dan burung Anda akan mengikuti Anda, akhirnya pegang salah satu kakinya dekat perutnya, masukkan kepalanya ke bawah sayap, maka ia akan tidur dengan nyenyak. Selain itu, kebanyakan pemilik burung peliharaan tahu bahwa yang diperlukan untuk membuat burungburung itu tidur adalah menutup sangkar mereka dengan kain supaya keadaan menjadi seperti malam hari.
David Leckie
Haddington, East Lothian, Inggris

Burung sungguh tidur, biasanya beberapa kali dalam sehari dan masing-masing hanya sebentar. Burung kapinis (swift atau Apus apus) terkenal karena gemar tidur sambil menyembunyikan kepala di bawah sayap. Karena kebanyakan burung mengandalkan penglihatan, waktu tidur resmi mereka biasanya pada malam hari, tentu saja kecuali burung malam. Bagaimanapun, kebiasaan tidur burung wader atau burung kedidi ( Calidris sp) atau trinil ( Tringa sp) ditentukan oleh pasang laut alih-alih oleh cahaya matahari. Ada spesies lain yang dengan mudah dikelabui menggunakan cahaya buatan. Kota yang bertabur cahaya benderang sepanjang malam dapat membuat burung mengalami insomnia. Sebuah sirkuit balap yang terang benderang dekat rumah saya memberikan efek mirip menjelang matahari terbit pada horizon, akibatnya burung murai (robin) dan burung hitam (blackbird) terus bernyanyi sejak pukul 2 dini hari. Susahnya, saya tidak tahu apakah mereka tidak kelelahan seperti saya ...
Andrew Scales
Dublin, Irlandia

Tidak ada komentar

GENERASI GO-BLOG. Diberdayakan oleh Blogger.